Gimana Sih Cara Membuat Artikel yang SEO Friendly? Berikut 3 Tipsnya

October 19, 2018

judul artikel yang menarik

Dalam beberapa tahun belakangan dunia blogging semakin banyak peminatnya, dan ini menjadi pertanda bagus untuk kemajuan dunia penulisan di Indonesia. Kenapa? karena dengan demikian otomatis merangsang kebutuhan akan konten blogging yang bagus yaitu berupa tulisan artikel yang bagus. Namun tulisan yang bagus saja belum cukup, untuk sebuah blog dengan konten yang bagus dan menarik dibutuhkan juga artikel yang SEO Friendly. Apa dan Bagaimana? Mari kita simak

  1. Buatlah Judul Artikel Yang Menarik dan Mengundang Pengunjung

Apa yang pertama Anda lihat dari sebuah konten atau artikel di blog? Pasti judul dari artikelnya ya. Nah, karena memang judul yang akan menjadi penentu apakah pengunjung blog Anda akan membaca artikel di blog Anda atau tidak.

judul artikel yang menarik

Istilah yang sering digunakan untuk hal ini adalah clickbait dan judul artikel yang mengandung clickbait biasanya akan mampu menarik pengunjung untuk membaca, tapi usahakan kontennya pun sesuai dengan judul yang Anda buat ya. Sehingga pengunjung blog Anda tidak merasa kecewa karena judulnya berbeda dengan isi di artikel blog Anda.

  1. Usahakan Anda Buat Artikel dengan Jumlah Kata yang Panjang

Untuk membuat artikel SEO Friendly, langkah selanjutnya Anda harus berusaha untuk membuat dengan jumlah kata yang panjang dengan minimal 600 kata. Namun jangan sampai Anda mengejar jumlah kata yang panjang lalu Anda melupakan isi dan tujuan dari artikel yang Anda buat.

Hal ini sebenarnya masih diperdebatkan oleh beberapa pakar SEO dunia, karena Google melihat sebuah website atau blog berisi konten yang bagus dengan menilai dari beberapa faktor. Namun ada juga yang berpendapat dengan semakin banyak jumlah kata maka akan semakin baik di mata mesin pencari seperti Google.

  1. Menempatkan Link Internal dan Link Eksternal dengan Benar

Dan hal terakhir yang bisa membuat artikel blog atau website Anda menjadi menarik baik untuk pengunjung ataupun menarik bagi mesin pencari yaitu dengan menempatkan link internal dan link eksternal dengan benar.

internal link dan eksternal link

Tujuan dari link internal agar pengunjung bisa mengunjungi halaman lain di blog Anda dan memiliki kemungkinan berlama-lama membaca di sana. Dan untuk mesin pencari ini juga baik supaya tidak ada halaman yang tidak terindeks atau tidak punya kesinambungan dengan halaman lainnya.

Sedangkan untuk link eksternal memiliki tujuan supaya blog Anda semakin baik di mata mesin pencari seperti Google, terutama jika web-web authority yang Anda tuju memang relevan dengan blog Anda.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •